You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Ibun

Kec. Ibun, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat

Borondong Ibun


Di Desa Ibun tepatnya di Kampung Sangkan RW.08 ada pengrajin borondong bernama Bu Erat. Sekilas tentang borondong adalah makanan khas tradisional sunda terbuat dari beras ketan atau jagung yang disangrai dijadikan pop corn terlebih dahulu. Setelah menjadi popcorn dibersihkan terlebih dahulu cangkangnya, kemudian dicampurkan dengan kinca gula merah atau kinca gula pasir dibentuk bulat-bulat atau persegi.

Ada dua jenis borondong yaitu borondong garing (borondong kering) dan borondong enten. Borondong garing dibuat dengan mencampur kinca dengan sangan jagung/beras ketan dan dibentuk. Borondong enten dibuat dengan cara membuat enten terlebih dahulu dari beras ketan. Enten adalah sejenis wajik, beras ketan yang diolah dengan gula sehingga padu. Enten ketan dibentuk bulat-bulat lalu diselubungi dengan sangrai jagung.

Untuk menambah aroma pada borondong, ditambahkan pewangi dari buah nanas atau buah mangga jenis kweni. Borondong disajikan dengan teh hangat sebagai makanan ringan.

Bagikan artikel ini:
Komentar