You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Ibun

Kec. Ibun, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat

SEJARAH DESA IBUN


Riwayat nama Desa : Desa Ibun

Di wilayah Desa Ibun tidak terdapat nama dan tempat atau kampong yang namanya Ibun . Nama Ibun adalah nama kampung yang termasuk wilayah Desa Mekarwangi yang merupakan Desa pemekaran dari Desa Cibeet dan Desa Laksana ( sebelah Tenggara ± 3 Km ). Walaupun pusat pemerintahan Desa Ibun berada di Kampung Paseh tidaklah diambil menjadi nama Desa ( Desa Paseh ) mengapa ?

 Dahulu sekitar tahun 1900 yang masih dalam masa penjajahan Kolonial Belanda, konon ada seorang pendatang yang berasal dari kampung Ibun, untuk mengdu nasib di kampung Paseh. Orang tersebut terkenal dengan jiwa social, arip, jujur, agamis dan pemberani, pokoknya cocok menjadi pigur seorang peminpin. Ia di kenal sebagai orang Ibun dari pada dikenal namanya.

 Pada tahun 1922 dalam rangka penggantian atau pengangkatatan Lurah maka orang itulah yang diusung oleh masyarakat. Sejak itulah Ia dikenal dengan sebutan  Lurah Ibun, padahal Ia mempunyai nama : ATMAWINATA.

Sebagian masyarakat tidak mengetahui nama aslinya hanya mengenal Lurah Ibun. Sejak itulah nama Desa dipopulerkan dengan nama Desa Ibun. Beliau menjabat sebagai Lurah ( kepala Desa ) dari tahu 1922 – 1929.

 

 

Bagikan artikel ini:
Komentar